6 Ucapan Buruk Untuk Perkembangan Psikologis Anak

Perkembangan psikologi anak masih bergantung pada orang tua, tapi ada juga beberapa hal yang dapat berdampak buruk untuk perkembangan psikologis anak kita.

Pada usia dini, anak sudah mulai belajar untuk memahami bahasa yang diucapkan oleh lingkungan dan anak juga akan belajar mengucapkan kata pertama yang sering didengar. Ucapan kasar yang tidak sepenuhnya dipahami anak juga lambat laun tetap akan ditiru dan digunakan saat marah dengan intonasi yang sama seperti orang dewasa yang mengucapkannya.

6 Ucapan Buruk Untuk Perkembangan

  1. Ucapan kasar yang sering diucapkan oleh lingkungan sekitar dan ditujukan pada anak tentunya akan berdampak buruk pada anak tersebut. Selain itu dia akan menilai dirinya seperti yang telah diucapkan oleh orang lain. Anak juga merupakan cerminan dari orang tua dan beberapa sikapnya akan ada yang mirip dengan kita. Tidak sedikit orang tua jika anak sedikit nakal atau keras kepala, orang tua menjadi kesal dan kemudian secara spontan akan mengatakan kalimat yang sama sekali tidak ingin didengar oleh anak.Dengan ucapan tersebut dapat mempengaruhi perkembangan psikologis anak, dampaknya akan timbul cukup besar dan akan dirasakan oleh anak sampai tumbuh dewasa.
  2. Ucapan-ucapan tersebut seperti kenapa sih anak ibu seperti ini ? dengan ucapan tersebut yang tanpa sengaja keluar dari mulut kita, tapi bagi anak hal tersebut dianggap lain dan akan merasa jika orang tua telah menyesal melahrikan anak tersebut kedunia. Dengan begitu anak merasa tidak berguna dan hanya menyusahkan saja.
  3. Ucapan yang membandingkan anak kita dengan orang lain juga dapat berakibat buruk untuk perkembangan psikologis mereka. Biasanya orang dewasa menganggap hal ini sepele, tapi bagi anak yang dibandingkan denganorang lain akan menjadi down dan mereka tidak akan percaya diri lagi atau minder.
  4. Ucapan kamu bodoh atau tolol juga dappat membuat anak menjadi susah paham dengan pengajaran yang diberikan. Anak akan merasa bahwa dirinya memang anak yang bodoh dan tidak bisa apa-apa.
  5. Ucapan kamu nakal yang keluar karena anak tidak mengikuti perintah kita juga akan memberikan label pada anak menjadi nakal. Hal ini sangat memalukan dan anak nakal ini biasanya menyusahkan atau sering berbuat keonaran. Setelah mendapatkan label nakal tersebut maka anak akan menjadi lebih buruk.
  6. Selain itu memarahinya di depan umum juga tidak pantas, hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Karena anak akan merasa malu sampai melukai harga dirinya dan hal ini akan sangat mengganggu perkembangan psikologis anak kita. Ucapan lainnya seperti ini bukan urusan anak kecil, nanti ayah dan ibu tidak sayang lagi.

ucapan buruk pada anak

 

Dampak Buruk Membentak Anak

Ucapan yang buruk juga dapat menyebabkan anak menjadi depresi, kesulitan menjadi pendengar yang baik dan anak akan kehilangan inisiatif karena takut salah. Tapi yang paling buruk dengan membentak anak dapat memusnahkan sel otak anak tersebut.

Dengan bentakan atau ucapan yang kasar dari orang dewasa dapat membunuh lebih dari 1 milyar sel otak saat itu juga. Sebuah pukulan atau cubitan juga dapat membunuh milyaran sel otak. Tapi dengan 1 pujian atau pelukan hangat dapat membangun bibit kecerdasan pada anak dan dapat membuat perkembangan psikologis atau otak anak menjadi sangat cepat.

Saat ingin memarahi anak, sebagai orang tua juga harus berhati-hati, karena dapat berdampak dengan jantung yang menjadi kelelahan dan tingkat kepercayaan anak pada orang tua menjadi menurun.

Read Another Post :
Wp Adsense Blog © 2017 Frontier Theme