Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Sembelit Pada Bayi bisa saja terjadi. Tidak hanya pada orang dewasa, sembelit ini juga menyerang bayi. Tentu saja ini sangat membuat bayi terganggu dan akan menyebabkannya menangis karena kesakitan. Meskipun sulit, bukan tidak mungkin sembeli tini bisa di atasi. Hanya saja memang perlu dilakukan dengan sangat hati hati karena bayi masih sangat rentan dan belum di perkenankan untuk mengkonumsi obat obatan ataupun makanan tertentu.

Cara Mengatasi Sembelit Pada BayiSembelit Pada Bayi terjadi karena makanan yang diberikan lebih padat dari pada biasanya. Ya, bayi yang baru diperkenalkan makanan padat rentan untuk mengalami sembelit karena memang ini adalah salah satu cara penyesuaian bagi pencernaannya. Masa transisi ini sering kali terjadi pada bayi. Selain itu, sembelit pada balita juga bisa terjadi karena anak mengalami dehidrasi. Sehingga kotoran di dalam cenderung kering dan sulit untuk dikeluarkan. Penyebab lainnya bisa karena susu formula, ata karen akondisi medis.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi Sembelit Pada Bayi? Berikut ini ulasan mengenai apa saja yang bisa Anda lakukan bila bayi Anda mengalami sembelit.

  1. Lakukan Pijat Perut

Lakukanlah pijatan pijatan halus pada bagian perut di bawah pusar. Pijatan ini dilakukan dengan memberikan tekanan halus dan lembut akan tetapi tetap tegas dengan menggunakan ujung jari agar tidak terlalu keras. Lakukanlah selama sekitar 3 menit agar kotoran di dalam perut juga mulai turun menuju anus. Inatlah untuk melakukannya secara konstan dan dengan halus agar tidak menyakti bayi Anda.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik

Terutama bila bayi Anda sudah mulai merangkak ataupun berjalan, ajak lah anak Anda untuk bererak aktif. Ajak lah ia untuk berjalan atau Anda juga bisa menggoyang goyangkan kaki anak Anda saat anak berbaring secara terlentang. Lakukanlah secara hati hati.

  1. Konsumsi Minuman atau ASI secara Cukup

Salah satu penyebab sembelit ialah dehidrasi atau kekurangan cairantubuh. Oleh karena itu, Anda perlu memberinya minuman agar cairan dalam tubuh terjaga. Atau bisa juga Anda memberinya jus buah pir atau apel untuk meringankan sembelit. Namun bila anak Anda masih menyusu, maka berikan ASI lebih rutin.

  1. Perhatikan Menu Makanan Anak

Menu makanan anak perlu diperhatikan agar tetap seimbang. Bila anak Anda sudah bisa memakan berbagai jenis makanan mulailah kurangi makanan padat seperti nasi keras, buah salah, buah wortel yang dimasak atau makanan padat lainnya. Gantilah dengan menu yang lebih banyak mengandung air seperti bubur, pepaya, anggur, pir, dan makanan lainnya.

  1. Hubungi Dokter

Menghubungi dokter terkait sembelit pada anak ini harus dilakukan bila upaya upaya yang telah dilakukan tidak membuah kan asil bahkan hingga lebh dari 2 hari. Bila anak masih belum mengeluarkan feses lebih 2 hari, atau bahkan berat badan anak turun dan terdapat darah pada feses, segeralah hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Read Another Post :
Updated: August 17, 2017 — 3:58 am
Wp Adsense Blog © 2017 Frontier Theme