Inilah Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi

Kembung Pada Bayi adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh bayi. Kembung adalah kondisi dian terdapat banyak gas di dalam perut sehingga membuat perut menjadi tidak nyaman. Mengumpulnya gas ini bsa jadi karena sistem pencernaannya yang belum bekerja secara tuntas dan sempurna. Memang tidak mudah untuk mengetahui apakah yang terjadi pada anak karena saat bayi, anak hanya bisa menangis sebagai salah satu repon ketidak nyamanan pada dirinya.

Mengetahui kondisi bayi memang bukanlah hal yang mudah. Namun Anda tetap harus peka dan memperhatikan bayi Anda agar bisa mengetahui apa yang terjadi. Tanda tanda bila terjadi Kembung Pada Bayi ialah menangis dan bayi akan lebih rewel dari biasanya. Untuk memastikan apakah anak Anda mengalami kembung atau tidak, cobalah tekan dengan pelan bagian perut anak. Bila terasa lebih reas dri biasanya, maka itu adalah kembung. Selain itu, anak akan cenderung lebih banyak bergerak dan juga kentut daripada biasanya.

Untuk mengatasi Kembung Pada Bayi, lakukanlah beberapa cara berikut ini.

  1. Perhatikan Cara Menyusui

Perut kembung pada anak bisa saja terjadi karen acara menyusui Anda yang masih kurang tepat. Untuk mencegah udara terlalu banyak masih ke dalam perut anak, posisikan kepala anak lebih tinggi daripada tubuhnya. Bila anak menggunakan dot, gunakanlah dot yang ukurannya sesuai dengan usianya. Tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil.

Setelah Anda selesai menyusui bayi, gendonglah anak Anda dengan posisi tegap. Untuk lebih mudah, sanarkan pada bahu Anda kemudian tepuk tepuk punggung bayi dengan pelan. Selain itu, posisi tegak ini juga memabntu memperlancar ASI hingga sampai pada perut untuk dicerna.

  1. Menggunakan Minyak Telon Atau Minyak Zaitun

Gunakanlah minyak telon yang hangat (bukan yang panas) atau minyak zaitu akan membantu mengeluarkan gas di dalam perut. Oleskanlah pada perut sembali memberikan pijatan halus kebawah dan memutar. Lakukanlah cara ini secara rutin untuk hasil yang efektif.

  1. Kurangi Mengkonsumsi Susu Formula

Mengalami kembung bisa jadi akibat konsumsi susu formula. Karena kebanyakan susu formula mengandung lemak. Sedangkan bayi masih sulit untuk bisa mencerna lemak di dalam tubuh. Pencernaan lemak pada bayi akan menghasilkan as yang lebh banyak dari biasanya. Oleh karena itu, kurangi atau gantilah konsumsi formula dengan yang lainnya.

  1. Konsumsi Air Hangat

Air hangat yang masuk ke dalam tubuh anak akan mendorong gas di dalam usus untuk keluar cara ini merupakan salah satu cara efektif yag sering dilakukan. Setelah minum air hangat, nantinya anak akan banyak kentut untuk mengeluarkan gas di dalam tubuhnya. Namun bila anak masih berusia kurang dari 6 bulan, di sarankan untk tidak memberikan air hangat pada anak.

  1. Biarkan Anak Aktif

Salah satu cara mengeluarkan gas ialah dengan aktif bergerak. Jadi bila anak Anda menggeliat dan aktif maka biarkanlah karena ini merupakan salah sat cara yang efektif.

Read Another Post :
Updated: August 17, 2017 — 3:59 am
Wp Adsense Blog © 2017 Frontier Theme